Gejala dan tanda-tanda kehamilan


Apakah saya hamil?

Pada kehamilan akan ditemukan beberapa gejala dan tanda-tanda kehamilan. Bila anda ragu-ragu apakah hamil/tidak, perhatikan gejala/tanda kehamilan ini...


Pada awal kehamilan terdapat tanda dan gejala-gejala dini yang terjadi, -- cobalah anda temukan apakah tanda/gejala ini ada pada anda.

Beberapa gejala-gejala dini yang terjadi pada kehamilan:

-- Tidak mendapat haid/menstruasi. Hal ini karena dinding rahim dipersiapkan untuk kehamilan. Penting untuk mengetahui hari pertama haid terakhir, yang dapat menentukan usia kehamilan dan perkiraan persalinan. Perlu di ingat bahwa tidak mendapat haid selain sebagai tanda awal kehamilan juga dapat disebabkan hal lain.

-- Mual dan muntah. Terjadi karena adanya perubahan hormonal. Di kenal sebagai (morning sickness) karena mual dan muntah sering terjadi pada pagi hari pada bulan-bulan pertama kehamilan.

-- Sering kencing/buang air kecil. Terjadi karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar. Keluhan biasanya akan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.

-- Mengidam. Menginginkan makanan2 tertentu , terjadi pada bulan-bulan pertama.

-- Tanda lainnya, seperti pembesaran payudara kencang, puting membesar, berwarna lebih gelap kadang-kadang terasa gatal dan sakit.

Setiap wanita mempunyai gejala yang bervariasi ada yang ringan, berat tapi ada pula yang tidak mempunyai keluhan. Bila gejala-gejala diatas belum terdapat pada anda, maka anda dapat memastikan dengan test lainnya, karena setiap ibu hamil mempunyai keluhan dan gejala yang berlainan.

Untuk memastikan kehamilan anda, maka anda dapat melakukan tes urin. Alat untuk test urin dapat anda temukan di apotik dan anda dapat melakukan tes ini sendiri dirumah.

Pada pemeriksaan dengan test urin adalah mengukur kadar HCG (human chorionic gonadotropin) yaitu hormone yang dihasilkan plasenta dan akan meningkat dalam urin dan darah selama minggu pertama setelah konsepsi.
Dalam menggunakan tes ini perhatikan instruksi yang ada, dan paling akurat dilakukan pada pagi hari, karena hormone ini meningkat jumlahnya pada pagi hari.

Bila masih ragu-ragu periksakanlah ke dokter anda. Dokter akan dapat memastikan kehamilan anda dengan USG (ultrasonografi), ditemukan adanya gambaran janin.

Stop dreaming start action

Masukkan Alamat email anda untuk mendapatkan artikel GRATIS:

Delivered by FeedBurner

4 comments:

Miss Tia said...

Artikel yang bagus... soalnya saya emang lagi mencari artikel tentang kesuburan. Sedang mempromosikan blog yang juga membahas tentang kehamilan.

Keep up the good work!

varyan said...

sering buang air kecil truz meneruz (air seni tang keluar sedikit)setelah satu minggu berhungan.
apakah termasuk tanda-tanda kehamilan.?
"dinda"

The Baby said...

@Miss Tia...
Tq Miss. mari kita sama2 jadikan anak indonesia lebih baik!!!
@Varyan
maap nih aku bukan dokter :) . Tapi alangkah baiknya dites aja pakai alat tes kehamilan atau langsung kedokter aja. Cari jalan paling gampang dulu ah!

Obat Penyubur Kandungan said...

postingannya tentang kehamilan menarik dan enak dibaca... thanks.

Post a Comment

Saat berkomentar, gunakan nama atau url blog anda! anonim tidak dianjurkan dan bila anonim memberikan komentar berupa pertanyaan maka maaf tidak saya jawab. Terima kasih.