Perkembangan Bayi saat Tahun Pertamanya

Memiliki bayi adalah perasaan yang paling berharga dan tak tertandingi dengan perasaan lainnya. Melihat mereka tumbuh dan berkembang di depan mata kita adalah bagian penting dari kenangan kita. Perkembangan bayi yang dikupas di sini dimulai usia satu bulan kelahiran mereka dan terus berjalan hingga satu tahun usianya. Kita perlu informasi ini untuk menjadi orangtua yang lebih baik dan bisa memberikan yang terbaik untuk perawatan bayi yang baru lahir di tahun pertama bayi kita. Ini hanya berlaku untuk sebagian besar bayi dan bukan patokan paten. Pekembangan bayi sangat tergantung pada gizi, stimulasi, gen keturunan dan lain sebagainya.

Bulan pertama hingga tiga bulan
-Pada bulan pertama, bayi kita akan mengangkat kepalanya untuk waktu yang singkat, gerakkan kepala anda dari samping kiri ke kanan serta membuat gerakan lengan atau tangan untuk menuntun dia. Si bayi lebih suka wajah manusia seperti orang tuanya dibandingkan bentuk-bentuk lain. Dia dapat melakukan gerakan-gerakan refleks yang kuat, bisa fokus pada item yang 10-15 cm jauhnya, serta berkedip jika terkezna kilau lampu yang terang.



-Pada bulan kedua bayi tersenyum dan melacak obyek dengan mata mereka. Mereka membuat suara-suara yang berbeda dan mengulangi suara-suara vokal seperti ah, ooh, eh, dll.

-Pada bulan ketiga banyak perkembangan yang di perlihatkan oleh si bayi. Dia dapat mengangkat kepala dan dada mereka tanpa perut tentunya, mengangkat kepala 45 derajat, menendang, meluruskan kaki, membuka tangan, menutup tangan, dapat mendorong ke bawah dengan kakinya saat berbaring pada permukaan yang keras, mencoba meraih objek yang dia anggap sebagai mainan. Dapat memegang mainan, melacak obyek yang bergerak, meniru suara, mengenali obyek dan orang-orang asing, mengembangkan senyum sosial, mengembangkan koordinasi tangan-mata.

Empat bulan himgga enam bulan
-Pada bulan keempat Kebanyakan bayi mengangkat kepala mereka pada sudut 90 derajat. Mereka dapat menanggung beban mereka pada kedua kaki, tertawa dan tersenyum dengan beberapa suku kata dan berbisik ketika berbicara. Ada perkembangan lain yang tidak umum di setiap bayi seperti memegang mainan, menaruh perhatian pada objek, menjangkau untuk objek dan berguling. Bayi dapat menahan kepala saat kita gendong posisi duduk. Dia akan marah jika mainan mereka dibawa pergi.

-Pada bulan kelima bayi dapat dengan mudah berguling, membuat suara bergumam, mengenali suara baru, mengenali nama sendiri, mengoper objek dari satu tangan ke yang lain, duduk sejenak tanpa berpegang. Dia mencoba menarik objek yang berada di luar jangkauan. Ini adalah saat ketika bayi mengulang suku kata seperti ma, da, pa atau yang lainnya. Mulai menangis jika dipisahkan dengan orang yang di kenalnya atau berada di gendongan orang asing.

-Pada bulan keenam bayi dapat mempertahankan kepala dalam posisi duduk dengan baik, dudukkan dengan beberapa saat tanpa anda pegang, memutar kembali di kedua arah, meniru bunyi, meniru ekspresi wajah dan meraih mainan. Mereka mulai merangkak, me4rayap, mengambil benda-benda kecil dengan jari. Mereka bisa mengoceh dan menggabungkan beberapa suara.

Tujuh bulan sampai sembilan bulan
-Dalam tujuh bulan kebanyakan bayi dapat duduk sendiri, membuat suara gaduh, meniru suara dan bersemangat untuk mendapatkan mainan di luar jangkauannya. Memegang makanan sendiri seperti kerupuk dll. Beberapa bayi mulai merangkak dan bergerak maju dan marah jika mainannya diambil oleh orang lain. Bayi suka bermain “ci luk ba” dan dapat membedakan emosi dari suara orang yang berbicara dengannya. Si kecil dapat berdiri sendiri jika memegang sesuatu atau seseorang. Mereka belajar untuk melambai selamat tinggal (da daa) dan bertepuk tangan. Mereka dapat berjalan sendiri dengan memegang beberapa perabot.

-Pada bulan kesembilan, bayi dapat berdiri dengan mencari bantuan dan menjatuhkan benda. Mereka dapat berdiri dari posisi duduk, bertepuk tangan dan bannyak hal. Mereka dapat menggabungkan suku kata untuk membuat suara yang berbeda. Mereka menggunakan ibu jari dan jari untuk mengambil dan memahami barang-barang. Mereka berjalan berpegangan perabotan, berdiri sendiri dengan cepat dan mulai mengidentifikasi diri mereka di cermin. Mereka melambaikan tangan selamat tinggal, memahami kata "tidak". Ada perkembangan yang ditunjukkan oleh beberapa anak-anak seperti berkata mama kepada ibu kandung, dapat minum dari cangkir tanpa bantuan, berdiri sendiri tanpa dukungan dan mengatakan satu atau dua kata baru.

Sepuluh bulan sampai dua belas bulan
-Pada bulan kesepuluh, dia dapat melambaikan selamat tinggal, merangkak dengan baik dan jari-jarinya sudah kuat untuk menjepit dan memegang sesuatu. Beberapa bayi dapat mengatakan mama ke orang yang tepat, dapat memahami kata 'tidak' tetapi tidak mematuhi kata itu. Mereka dapat mengenali nama mereka dan menanggapinya. Setiap anak memiliki gaya mereka sendiri dan gerak tubuh untuk mengekspresikan kebutuhan mereka dan menangis adalah gerakan yang paling umum. Mereka dapat berdiri sendiri untuk beberapa waktu. Beberapa bayi dapat minum dari cangkir sendiri dan berdiri tanpa memegang sesuatu. Mereka dapat bermain bola dan boneka serta berjalan satu atau dua langkah. Mereka dapat meletakkan mainan mereka dalam kontainer atau kotak.

-Dalam bulan kesebelas bayi dapat mengenali orang tua dan mengatakan ma dan pa. Mereka melambaikan tangan perpisahan, bertepuk tangan, berdiri sendirian selama beberapa saat, minum dari cangkir sendiri, meniru orang lain, memahami petunjuk sederhana dan ocehan. Beberapa anak bisa berjalan dengan baik dan sedikit lebih daripada anak-anak lain.

-Dalam bulan kedua belas atau setelah satu tahun, bayi meniru suara dan kegiatan orang lain, menunjukkan kebutuhan mereka dengan gerakan dan menangis. Mereka bisa merangkak dengan baik dan berjalan dengan baik dengan sedikit atau tanpa bantuan. Mereka takut orang-orang asing dan mencopot kaus kaki atau sepatunya. Dia dapat mengatakan lebih banyak kata daripada sebelumnya dan berjalan beberapa langkah. Mereka bisa menggeleng-gelengkan kepala untuk menyatakan tidak. Beberapa anak bisa mencoret-coret dengan krayon dan mengatakan lebih dari tiga atau empat kata.

Hal-hal untuk perkembangan anak
Perkembangan anak-anak tergantung pada banyak hal. Cinta dan peduli merupakan peringkat pertama. Ada faktor-faktor lain yang juga berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Aktivitas fisik seperti bermain membantu mereka untuk melatih otot mereka dan membuat mereka fleksibel. Interaksi itu membantu mereka untuk hidup sehat, berhubungan dengan orang-orang di sekitar mereka dan membuat mereka kuat menghadapi masalah-masalah mereka sendiri. Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dan bersosialisasi dapat ditingkatkan dan dikembangkan oleh kelompok bermai. Aktivitas mental seperti belajar, pengakuan, pemecahan masalah mentalitas, dll sangat penting dan dapat ditingkatkan dengan bermain teka-teki dan mainan dengan berbagai bentuk, warna dan ukuran.

Mainan Bayi - bagian penting dalam tonggak perkembangan bayi
Mainan bayi tidak hanya bayi Anda bermain alat, tetapi banyak membantu dalam pembangunan secara keseluruhan. Jadi sebelum membeli mainan untuk anak Anda, Anda harus memikirkan manfaatnya dan cara untuk memainkannya. Mainan bayi seharusnya menyenangkan, aman, tahan lama dan menarik untuk mendapatkan perhatian anak-anak. Ada mainan yang memiliki banyak tingkat aktivitas. Jenis permainan ini membantu anak-anak untuk meningkatkan daya pemikiran mereka. Perlu untuk membeli produk yang dapat dimainkan untuk jangka waktu lebih lama dan membuat mereka belajar sesuatu, yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka.

Pandai berbicara dengan mereka dan berperilaku cerdas
Orangtua umumnya memperlakukan anak-anak mereka sebagai orang tidak dapat memahami kata-kata Anda. Banyak orangtua membuat cerita untuk membuat anak-anak mereka mendengarkan mereka. Tapi ini tidak diperlukan. Jika Anda mengajak berbicara dengan anak Anda secara cerdas, mereka akan mendengarkan Anda. Alasan di balik ini adalah bahwa mereka akan merasa bertanggung jawab dan tahu akan orang tuanya. Berkatalah jujur pada bayi anda maka anda akan mendapati mereka bertanggung jawab terhadap banyak hal untuk kedepannya serta akan membuat anak Anda cepat menyesuaikan diri di lingkungannya.

Nutrisi penting untuk perkembangan bayi
Makanan adalah hal yang penting, yang membantu anak-anak untuk berkembang menjadi manusia yang sehat. Anda harus tahu apa yang terbaik dan diperlukan untuk anak Anda. Tahap awal bayi adalah tahap yang paling penting dan orang tua harus berhati-hati dalam makanan mereka. Tambahkan semua jenis nutrisi dalam makanan sehari-harinya. Hal ini diperlukan untuk menjaga perkembangannya tetap baik dan jumlah makanan kurang gizi dapat mengakibatkan kekurangan gizi serta bila kelebihan juga tidak baik untuk perkembangannya. Nutrisi memainkan peranan penting dalam perkembangan bayi.

Masukkan Alamat email anda untuk mendapatkan artikel GRATIS:

Delivered by FeedBurner

3 comments:

baby trend stroller said...

Info yang lengkap banget utk calon ibu spt saya yang belum punya pengalaman sebelumnya. Thanks ya buat infonya!

yayah said...

thaxs berat sob atas infonya

Toko Mainan Edukasi said...

Infonya mantap bos, untuk belanja mainan anak bikin pinter ke www.tokomainanedukasi yah...

Post a Comment

Saat berkomentar, gunakan nama atau url blog anda! anonim tidak dianjurkan dan bila anonim memberikan komentar berupa pertanyaan maka maaf tidak saya jawab. Terima kasih.