Siasati Rasa Mual dan Muntah Saat Kehamilan

Kehamilan adalah proses alami yang diidamkan setiap istri. Proses ini disertai oleh beberapa Gejala dan tanda-tanda kehamilan yang akan menunjukkan bahwa akan menduanya tubuh sang istri. Salah satu Gejala dan tanda-tanda kehamilan adalah terjadinya mual dan muntah. Untuk masalah ini, ada bebrapa tips yang bisa digunakan untuk mengurangi bahkan menyiasati mual dan muntah saat kehamilan.
Rasa Mual dan Muntah Saat Kehamilan
Rasa Mual dan Muntah Saat Kehamilan

Mual dan muntah secara normal hadir dalam setiap kehamilan. Bahkan ada semacam Jadwal Mual yang mengikutinya dan tetu saja setiap orang memiliki jadwal yang berbeda-beda. Ada yang mual hanya di pagi hari saja, di malam hari saja atau bahkan ada yang mual disepanjang hari dan tentu saja akan mengganggu kenyamanan. Biasanya Rasa Mual dan Muntah Saat Kehamilan menghinggapi sebagian besar ibu hamil di pagi hari saat kadar gula dalam darah rendah. Untuk itu cara terbaik untuk mengatasi ini adalah memakan biskuit atau roti sebelum mengangkat kepala saat bangun tidur dipagi hari. Siasat ini cukup efektif diterapkan saat Rasa Mual dan Muntah sedang tinggi-tingginya yaitu pada trimester pertama kehamilan.

Siasati Rasa Mual dan Muntah Saat KehamilanSelain dengan menaikkan gula dalam darah, beberapa tips berikut dapat dilakukan untuk Siasati Rasa Mual dan Muntah Saat Kehamilan yaitu:
  • Saat akan pergi tidur, makanlah makanan kecil yang ringan
  • Hindari ruang yang panas, sesak dan dekat dengan bau-bauan menyengat.
  • Pilih dan makan makanan yang dianggap bisa masuk tanpa keluar lagi (muntah) dan lanjutkan dengan makanan menu lain secara perlahan.
  • Diantara waktu makan, sebisa mungkin mengunyah biskuit agar perut tidak kosong dan sesekali menghisap permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  • Konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang atau bisa dengan memakan kue-kue yang terbuat dari bahan terigu atau gandum dengan jumlah sedikit namun sering.
  • Kurangi makanan berlemak seperti keju keras, susu murni dan telur dalam diet.
  • Jika sedang sikat gigi, pilih pasta gigi dengan rasa mint untuk mengurangi rasa mual atau jangan menggunakan pasta gigi biasa terlalu banyak serta saat berkumur gunakanlah air hangat.
  • Meminum obat anti mual yang aman dikonsumsi yang tentu saja harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan terpercaya.
Demikianlah tips dan cara Siasati Rasa Mual dan Muntah Saat Kehamilan. Dengan tips diatas diharapkan dapat membuat calon ibu menjadi nyaman dan tenteram dalam menjalani proses kehamilannya.

Masukkan Alamat email anda untuk mendapatkan artikel GRATIS:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Saat berkomentar, gunakan nama atau url blog anda! anonim tidak dianjurkan dan bila anonim memberikan komentar berupa pertanyaan maka maaf tidak saya jawab. Terima kasih.