Tips menghadapi anak sulit makan.

15 bulan yang lalu anak saya Arine lahir. Nutrisi yang memenuhi kebutuhannya tidak hanya diperoleh hanya dari susu. Memang benar susu khususnya ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Tapi mulai menginjak 6 bulan kelahirannya, (baca artikel sebelumnya: Jadwal Pemberian Makanan Bayi) kami sudah memberikan makanan pendamping untuk melengkapi kebutuhan gizinya.

Sekarang makanan yang diberikan kepada Arine agak lebih kasar dan dimasak sendiri. Dia sudah hafal apa makanannya dan itu sudah sangat luar biasa bagi kami. Kadangkala Arine sulit untuk makan. Apa yang akan kami perbuat?. Kami baca buku sana sini, baca artikel di internet dan cari informasi Bagaimana cara menghadapi Arine sulit makan.



Ternyata yang kami mendapat banyak sekali tip-tip yang sangat berguna. Untuk itu kami merangkumnya dan menulis disini untuk informasi para orang tua yang mendapati anaknya sama seperti kami yaitu sulit makan.

Menghadapi anak sulit makan, haruslah pandai-pandai bersiasat. Buatlah bentuk yang menarik untuk membangkitkan selera makannya, atau variasikan bahan yang digunakan. Tentu saja,nilai gizinya tetap harus diperhatikan.

Penyebab anak sulit makan sangat beragam. Bisa karena gangguan penyakit, gangguan psikologis, maupun pembendaharaan citarasa yang terbatas. Untuk mengatasi bisa dilakukan beberapa cara agar selera makannya dapat terjaga terus menerus.

Tips-tips nya adalah:

  • Ciptakan suasana yang menyenangkan, jangan ada unsur paksaan sehingga menimbul kesan makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan.
  • Ciptakan resep baru pada bahan-bahan yang tak disukai anak, misalnya anak tidak menyukai sayur, buatlah makanan dengan bahan sayur yang disulap menjadi makanan yang menggugah seleranya. Atau mungkin saja anak tidak menyukai nasi, sajikan nasi dengan cara menghias seperti boneka, badut, atau karakter binatang, bunga, dan sebagainya.
  • Lakukan variasi menu makanan agar anak lebih tertarik mencoba makanan baru dengan bentuk yang atraktif.
Tips-tips tersebut sudah saya lakukan dan kami bersyukur ternyata sangat manjur. Bagi rekan-rekan para orang tua, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Stop dreaming start action
Semoga bermanfaat.

Masukkan Alamat email anda untuk mendapatkan artikel GRATIS:

Delivered by FeedBurner

0 comments:

Post a Comment

Saat berkomentar, gunakan nama atau url blog anda! anonim tidak dianjurkan dan bila anonim memberikan komentar berupa pertanyaan maka maaf tidak saya jawab. Terima kasih.