Hujan pertama di bulan Nopember, hati-hati kesehatan bayi kita!

Sejuk… itu yang menggambarkan suhu udara saat bumi, tanah Surabaya terguyur air hujan pertamanya. Di sepertiga akhir Bulan Nopember ini Surabaya mendapat bagian dari musim penghujan. Meskipun hujan telah dinanti jutaan manusia Indonesia khususnya masyarakat Surabaya, tetapi perlu di waspadai oleh orang para orang tua yang memiliki bayi seperti saya. Kesehatan bayi kita harus benar-benar kita berikan perhatian khusus walaupun kelihatannya udara panas tergantikan oleh udara sejuk.

Salah satu penyakit langganan yang menghampiri Arine (anak saya) di perubahan musim ini adalah flu termasuk batuk di dalamnya (demam juga kadang-kadang). Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami selalu sediakan obat batuk, obat penurun panas (parasetamol) untuk anak, Oralit dan vitamin-vitamin pendukung. Di samping Flu, Diare juga perlu kita waspadai. Silahkan baca masalah Diare di postingan saya sebelumnya yang berjudul Diare Pada Bayi kita KLIK DISINI!

Hujan yang datang pertama kali di Surabaya memang tidak langsung merata. Jadi kalau bagian barat Surabaya hujan, belum tentu bagian tengah atau timur kehujanan. Ini yang mengakibatkan perbedaan suhu sehingga ada yang masih panas dan ada yang sudah sejuk. Bukankah perubahan suhu yang ekstrim mengakibatkan daya tahan tubuh kita akan menurun? (itu sih kata dokter).

Tetapi jangan kecolongan lho! Maksudnya? Maksudnya, saat menjaga anak kita dari serangan virus kita orang tuanya malah yang kena. Kasihan khan anak kita kalau kita sakit siapa yang perhatikan mereka. Dan malahan jangan-jangan anak kita ketularan oleh kita yang sakit. Jadi kita harus menjaga semua anggota keluarga kita dari virus, penyakit atau apalah sebutannya (yang merugikan kita) tanpa kecuali. Istirahat yang cukup, makan yang banyak dengan gizi seimbang, dan jika sudah sakit segeralah pergi ke dokter apalagi anak kita yang sakit.

Pengalaman mendidik anak khususnya saya sendiri, merupakan anugerah terbesar yang di berikan oleh Allah Tuhan Yang Maha Esa. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk berhenti membaca apapun itu. Mencari informasi di manapun tempatnya dan saya harap kawan-kawan para orang tua juga demikian sehingga kita dapat bertukar informasi mengenai perkembangan anak kita. Jangan segan berkomentar. Silahkan beri masukan untuk blog ini karena saya bukan siapa-siapa sehingga banyak sekali kekurangan dan kesalahan di sana-sini.

Semoga sukses dengan keluarga anda.
Semoga bermanfaat.

Masukkan Alamat email anda untuk mendapatkan artikel GRATIS:

Delivered by FeedBurner