Pendidikan anak Usia pra sekolah

Anak Belajar Dari Lingkungannya

Pembelajaran sejak dini harusnya diterapakan para orang tua terhadap anak-anaknya. Bagaikan kertas putih bersih, Seorang anak terlahir masih dalam keadaan bersih dan perlu untuk digoreskan suatu pembelajaran dari orang terdekat dan nantinya lingkunganlah yang sangat berperan aktif. Seperti banyak penulis mengungkap bahwa anak yang baru lahir merupakan organisme dengan kemampuan belajar efisien. Begitu juga dengan Glenn Doman, penulis The Gentle Revolution Series ini menuliskan bahwa semua anak dilahirkan dengan tingkat kecerdasan yang sama.


Demikian juga dengan pendidikan anak usia pra-sekolah (Usia pra-sekolah adalah dimulai sejak anak keluar dari rahim sang ibu hingga dia mulai memulai pendidikan formal, missal kelompok bermain (play group) ataupun Taman kanak-kanak (TK)). Sangat banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang anak pada usia ini. Mengapa? Karena landasan utama berpikir mereka ada disini. Seperti halnya Pondasi pada suatu rumah, kokoh tidaknya pondasi sangat mempengaruhi bangunan yang ada diatasnya. Tetapi sangat disayangkan, banyak orang tua yang tidak menyadari betapa sangat pentingnya pendidikan usia dini ini. Anggapan salah bahwa pendidikan anak dimulai saat dia sekolah adalah anggapan yang harus dihindari para orang tua modern. Pendidikan usia dini ini akan sangat membantu dalam proses persiapan seorang anak dalam memasuki masa sekolah dan mencapai keberhasilan.

Demikian juga dengan sikap dan pola asuh orang tua dalam membesarkan anak. Banyak sekali kesalahan yang telah dilakukannya namun sangat sedikit sekali orang tua yang mau mengakuinya atau bahkan berniat mengubahnya. Kesalahan sepele dan sekecil apapun akan berdampak pada perkembangannya kelak . Ingatlah kata-kata ini: “Dari lingkungan hidupnyalah anak-anak akan belajar”.

Pendidikan pada 3 tahun pertama

Pendidikan pada 3 tahun pertama kehidupan anak akan sangat berpengaruh pada 20 - 25 tahun yang akan datang pada kehidupan anak tersebut. Pendidikan dan cara asuh yang baik akan mencerahkan masa depan anak. Untuk itu, walaupun sebagai orang tua, kewajiban belajar memberikan pendidikan usia dini pada anaknya (usia pra sekolah) sangat mutlak diperlukan demi tumbuh kembang dan masa depan anak yang lebih baik.

Sesibuk apapun anda, sedasyat apapun pekerjaan anda, pendidikan anak usia dini harus di nomor satukan. Yang pasti bukan hanya sanggup member makan, tapi sanggup untuk mencerahkan masa depannya kelak dan ini bukan hanya tugas Bunda, seorang ayahpun harusnya sanggup memberi peran lebih untuk anaknya walaupun Tugas Bunda disini sudah sangat mutlak diperlukan.

Orang Tua juga wajib belajar

Berani belajar dan bertanggung jawab adalah keharusan bagi orang tua. Mari kita sama-sama belajar demi masa depan anak kita dan generasi bangsa kita. Ingat bahwa Dari lingkungan hidupnyalah anak-anak akan belajar dan pendidikan anak usia dini sangat penting dalam kehidupannya kedepan.

Masukkan Alamat email anda untuk mendapatkan artikel GRATIS:

Delivered by FeedBurner

4 comments:

Baju Bayi dan Anak said...

info yang sangat bermanfaat sekali... terima kasih

Didin Supriatna said...

mantaf nih infonya... blog ini dah saya follow.. ditunggu follbacknya ya.. terimaksih..

grosir batik pekalongan said...

memang sekarang orang tua harus selalu aktif dalam memonitor perkembangan anaknya sendiri

Erick Julian Molle said...

Tapi tetap saja yang mempengaruhi karakter anak dari lingkungan yang mereka tempati.

Post a Comment

Saat berkomentar, gunakan nama atau url blog anda! anonim tidak dianjurkan dan bila anonim memberikan komentar berupa pertanyaan maka maaf tidak saya jawab. Terima kasih.